Minggu, 28 April 2013

Assalamu'alaikum..

alhamdulillah sampai saat ini Allah masih memberikan kesehatan buat ane untuk nulis lagi tentang java, kalo di artikel-artikel sebelumnya ane banyak berbagi tentang pembuatan program, 
Nah saat ini, lain lagi, ane gak ngebahas tentang pembuatan program biodata atau apalah, sesuai judul postingan ane, kita akan ngebahas bagaimana cara mempercantik tampilan Program kita menggunakan JTatto.. 

jika anda bertanya kenapa kita harus menggunakan JTatto ? Yup, JTatto yang saya tau unutk membuat tampilan LookAndFeel untuk Program kita, jadi kita dapat memilih berbagai macam Tema JTatto untuk  mempercantik tampilan Program kita. 
sebelum itu kita harus mendownload JTatto nya. silahkan mampir dimari. 
oh iya, disini saya menggunakan editor Eclipse ya, untuk anda yang menggunakan Netbeans saya belum tau caranya. hehehe kalo saya dah tau nanti saya buat artikelnya :-)

saya asumsikan anda telah mendownload JTatto dengan extensi .jar nya. sekarang klik kanan pada project anda --> Build and Path -->Add External Archives selanjutanya browse letak JTatto yang kita download tadi, lalu klik OK. 

disini saya sudah punya sebuah Program tentang permainan Tac Tic Toe .

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import com.jtattoo.plaf.*;
public class tugas extends JFrame implements ActionListener{
private JFrame window = new JFrame("Simple Button");
private JButton button1= new JButton("");
private JButton button2 = new JButton("");
private JButton button3 = new JButton("");
private JButton button4 = new JButton("");
private JButton button5 = new JButton("");
private JButton button6 = new JButton("");
private JButton button7 = new JButton("");
private JButton button8 = new JButton("");
private JButton button9 = new JButton("");
private String letter = "";
private int count =0;
private boolean win = false;
public tugas(){
window.setSize(300, 300);
window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
window.setLayout(new GridLayout(3,3));
window.add(button1);
window.add(button2);
window.add(button3);
window.add(button4);
window.add(button5);
window.add(button6);
window.add(button7);
window.add(button8);
window.add(button9);

button1.addActionListener(this);
button1.addActionListener(this);
button2.addActionListener(this);
button3.addActionListener(this);
button4.addActionListener(this);
button5.addActionListener(this);
button6.addActionListener(this);
button7.addActionListener(this);
button8.addActionListener(this);
button9.addActionListener(this);
window.setVisible(true);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent a) {
// TODO Auto-generated method stub
count++;
if(count == 1 || count == 3 || count  == 5 || count==7 || count==9){
letter = "X";
}else if(count==2 || count == 4|| count == 6 || count==8 || count==10){
letter="O";
}
if(a.getSource() == button1){
button1.setText(letter);
button1.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button2){
button2.setText(letter);
button2.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button3){
button3.setText(letter);
button3.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button4){
button4.setText(letter);
button4.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button5){
button5.setText(letter);
button5.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button6){
button6.setText(letter);
button6.setEnabled(false);
}else if(a.getSource() == button7){
button7.setText(letter);
button7.setEnabled(false);
} else if(a.getSource() == button8){
button8.setText(letter);
button8.setEnabled(false);
} else if(a.getSource() == button9){
button9.setText(letter);
button9.setEnabled(false);
}

if(button1.getText() == button2.getText()
&& button2.getText() == button3.getText()
&& button1.getText() != ""){
win = true;
}else if(button4.getText() == button5.getText()
&& button5.getText() == button6.getText()
&& button4.getText() != ""){
win = true;
}else if(button7.getText() == button8.getText()
&& button8.getText() == button9.getText()
&& button7.getText() != ""){
win = true;
}


else if(button1.getText() == button4.getText()
&& button4.getText() == button7.getText()
&& button1.getText() != ""){
win = true;
}else if(button2.getText() == button5.getText()
&& button5.getText() == button8.getText()
&& button2.getText() != ""){
win = true;
}else if(button3.getText() == button6.getText()
&& button6.getText() == button9.getText()
&& button3.getText() != ""){
win = true;
}


else if(button1.getText() == button5.getText()
&& button5.getText() == button9.getText()
&& button1.getText() != ""){
win = true;
} else if(button3.getText() == button5.getText()
&& button5.getText() == button7.getText()
&& button3.getText() != ""){
win = true;
}else {
win = false;
}

if(win == true){
JOptionPane.showMessageDialog(null, letter + "You Win");
System.exit(0);
}else if(count ==9 && win == false){
JOptionPane.showMessageDialog(null, letter + "You Lose");
System.exit(0);
}
}
public static void main(String[] args){
try
        {
            com.jtattoo.plaf.bernstein.BernsteinLookAndFeel.setTheme("Large-Font", "Java Swing", "");
            UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.bernstein.BernsteinLookAndFeel");
         
            new tugas();
        }
      catch (Exception ex)
        {
            ex.printStackTrace();
        }
//new tugas();
}
}

coding di atas saya telah menambahkan JTatto
kedalam program saya, untuk anda yang baru membuat Program selain yang saya punya. silahkan tambahkan code ini kedalam source code program anda.

try
        {
            com.jtattoo.plaf.bernstein.BernsteinLookAndFeel.setTheme("Large-Font", "Java Swing", "");
            UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.bernstein.BernsteinLookAndFeel");
         
            new tugas();
        } 
untuk tema di atas hasilnya seperti ini ;

Tombong-Onggu

jika anda memakai code JTatton yang di bawah ini, maka Hasilnya seperti ini;

try
        {
            com.jtattoo.plaf.noire.NoireLookAndFeel.setTheme("Large-Font", "Java Swing", "");
            UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.noire.NoireLookAndFeel");
            
            new tugas();
        } 

Tombong-Onggu

selain itu ada tema lain lagi, seperti di bawah ini. tambahkan juga code seperti ini;
try
        {
            com.jtattoo.plaf.mcwin.McWinLookAndFeel.setTheme("Large-Font", "Java Swing", "");
            UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.mcwin.McWinLookAndFeel");
           
            new tugas();
        } 

Tombong-Onggu


gimana ? menarik kan ? sekian dulu tutorial tentang Java kali ini, seperti biasa semoga bermanfaat bagi kita semua.

jika anda seorang blogger dan tertarik untuk copas tulisan saya, silahkan saja asal tetap mencantumkan referensinya..

buktikan bahwa Anda BLOGGER SEJATI.. !! No Plagiarism.. Read More

0 komentar:

Assalamu'alaikum.. :-)

selamat pagi kawan-kawan.. udah hampir 1 bulan lamanya ane gak nulis lagi tentang si kopi tubruk Java :D

nah kali ini, ane mau share sedikit tutorial bagaimana kita membuat sebuah tombol, yang ketika tombol itu kita tekan maka akan muncul sebuah label yang menghitung jumlah tombol yang kita klik.

nah, untuk membuat program ini tidaklah terlalu sulit, yah namanya saja tutorial program sederhana jadi kalo yang udah jago pasti gampang. :D untuk membuat program agar bisa membaca aksi yang kita lakukan di button maka kita perlu membuat sebuah action atau biasa disebut event.
oke sekarang buat sebuah project di Netbeans anda, atau bisa juga di eclipse. buat sebuah class baru berikan nama terserah anda. selanjutnya yang kita perlukan adalah sebuah tombol, dan sebuah label, dimana label inilah yang akan kita gunakan untuk memunculkan pesan yan saya maksud tadi.


perhatikan source code di bawah ini;


import java.awt.Event;
import java.awt.FlowLayout;
import java.awt.Toolkit;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.*;
public class JButtonTime extends JFrame implements ActionListener{
JLabel label1;
JButton tombol1;
int counter=0;
int x=0 ;
String s;
public JButtonTime(){
setLayout(new FlowLayout());
tombol1 = new JButton("Click Here Guys");
tombol1.setBounds(14, 14, 30, 17);
add(tombol1);
label1 = new JLabel("");
add(label1);
event e = new event();
tombol1.addActionListener(e);
}
public class event implements ActionListener{
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
// TODO Auto-generated method stub
Toolkit.getDefaultToolkit().beep();
counter++;
if(x == 0){
s = "Time";
}else if(x == 1){
s ="Times"; }
label1.setText("You Click " + counter + " " + s);
x =1;
}
}
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
JButtonTime beraksi = new JButtonTime();
beraksi.setTitle("Menghitung Waktu Click Tombol");
beraksi.setSize(150,158);
beraksi.setVisible(true);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
// TODO Auto-generated method stub
}

diatas kita melihat saya mendeklarasikan 3 buah variabel dengan nama counter, x dan s. counter disitu berfungsi untuk menambah jumlah tombol yang kita klik, sedangkan varibel x yang saya letakan pada percabangan if dan else, guna untuk mengecak apakah kita sedang melakukan aksi pada tombol yang kita buat. 

ini hasil SS nya ;


mungkin itu yang bisa ane bagi pada kawan-kawan para newbie java seperti ane. semoga bermanfaat kawan, semoga kita menjadi seorang Programmer java.. 

salam.. :)
Read More

0 komentar:

Jumat, 05 April 2013


setelah jalan-jalan pagi di google gak sengaja nemu tutorial cara install game PES di linux.saya MBD akan share bagaimana cara install game PES ini di ubuntu,.kebanyakan dari kita tau bahwa di linux gamenya kurang menarik dan meragukan kalo linux bisa bermain PES.Tapi sekarang anda maniak game  bola PES  kini tidak perlu khawatir.  karena itu insya allah akan terjawab. :-)
untuk menginstall Game berat ini maka kita perlu sebuah simulator agar game ini bisa berjalan dengan baik. simulatornya adalah Wine. 
terlebih dahulu,kita harus menginstall wine dengan mengetik perintah berikut ;
sudo add-apt-repository ppa :ubuntu-wine/ppa
-sudo apt-get update
-sudo apt-get install wine
setelah berhasil menginstall wine, langkah selanjutnya kita perlu konfigurasi agar Game bisa berjalan baik.
pertama buka console/terminal lalu ketik " winecfg" tanpa tanda petik.
Ini akan membuka pengaturan Wine, sekaligus akan membuat folder .wine di home direktori kita(foldernya tersembunyi, tekan CTRL+H untuk melihat yang hidden yea sob). Pengaturan Wine jangan diutak-atik dulu, langsung tutup aja.
Kita mesti install winetricks dulu,
cd /home/user anda/.wine
kemudian install paket winetricks .
wget http:// www.kegel.com/wine/winetricks
kemudian jalankan command berikut.
   $sudo chmod +x ./winetricks
langkah selanjutnya kita harus menginstall directx9,Font dan Codec
./winetricks d3dx9 droid winxp sound=alsa volnum vcrun2008 dotnet20 ie6 corefonts
Note : ~d3dx9, akan menginstall directx 9, kalo sobat punya offline installernya, monggo di install, jadi d3dx9 tidak usah disertakan di command diatas
~droid, akan menginstall font droid
~vcrun2008/dotnet20/ie6, akan menginstall jantung nya si Windows
Jika sobat punya VGA Nvidia, monggo install ini dulu.
./winetricks physx
Sekarang kalo semua diatas selesai, kita hampir selesai. Tapi kita masih perlu sedikit settingan, jalankan command ini untuk membuka regedit nya Wine,
wine regedit
Buka HKey_Current_User->Software->Wine, lalu sobat buat sebuah Key baru dan beri nama Direct3D. Kalo sudah tambahkan string-string baru didalamnya dengan yang ini,
“DirectDrawRenderer”=”opengl”
“Nonpower2Mode”=”repack”
“OffscreenRenderingMode”=”fbo”
“RenderTargetLockMode”=”auto”
“UseGLSL”=”disabled” -----> yang disuruh oleh situs tersebut, :-)
“VertexShaderMode”=”hardware”
“VideoDescription”=”ATI Radeon HD 3200 Graphics” (ubah ini jadi nama graphics nya sobat)
“VideoDriver”=”ati2dvag.dll”
“VideoMemorySize”=”256″ (ubah ini menjadi sesuai dengan memori graphics sobat)
silahkah coba buka game PES anda
untuk lebih jelasnya silahkah ke blog ini

Read More

0 komentar:

Assalamu 'alaikum warah matullahi wabarakatu. :)
hahaha :D
agan agan pernah liat kyk gini gak?
yups,, tanggal 23 agustus tepatnya saudara-saudara ane di beat :)
yang paling kiri namanya "JURI" truss ad "IRMA" ekhm, klo yg k'3 dri kiri sbut sj namanya alias Eda" trus ad "DINDA,Mala  dan yang terakhir tu yang paling muda dari semuanya.maklum muka mereka udah kaya tante-tante( pissss V).
gak tau dah kesambet setan apa ane jd  pengen nulis cerita ini di siang bolong gini :D gak aplah yg penting sensasional kata iklan kartu XL,
mungkin ini hari paling bahagia untuk mereka semua,terlebih lg sama kakak beradik Irma dan Eda,, karna sebe dan ajus( ayah dan ibu dalam bahasa gorontalo):) yang tidak tinggal bersama mereka disini datang untuk membuat acara pembeatan mereka,,
gak hanya itu gan,, semua keluarga hadir dalam pesta ini,, ampe keluarga dari philipin jg :D..
dalam tradisi pembeatan gorontalo,, wanita yang akan di beat terlebih dahulu d'mandikan ,,
hehehe,, kalo biasanya yang di mandikan itu hanya sekitar 2 orang sj .kali ini tidak dalam kluarga kami,,
8 orang di mandikan sekaligus :D,, bisa masuk rekor muri :D(lebaaaayyy).
lanjuut,, nih foto saat mereka harus menginjakkan kaki mereka ke atas piring yang ada koinnya,, termasuk bagian dari adat gorontalo,,
baguss fotonya gan? :)
itu dulu yang bisa ane ceritakan sama agan semua,,
Read More

0 komentar:

Selasa, 02 April 2013

Assalamu'alaikum :-)


beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas cara dan konfigurasi Server chat dalam hal ini saya menggunakan openfire. sekarang saya akan membahas cara bagaimana kita menghubungkan antara server openfire dengan sebuah aplikasi linux yang bernama "Pidgin".


Pidgin adalah sebuah aplikasi linux yang digunakan sebagai media chatting dari sisi klien yang mendukung banyak protokol. Jadi dengan aplikasi Pidgin Memungkinkan seseorang untuk mebuka layanan chatting dengan mudah hanya dengan sebuah aplikasi.
jika kita belum mempunyai aplikasi ini, silahkan ikuti perintah di bawah ini untuk menginstall pidgin;

$sudo add-apt-repository ppa:unixmen-com/pidgin$sudo apt-get update $sudo apt-get install pidgin
oke, sekarang kita mulai bereksperiman lagi. buka aplikasi pidgin kawan-kawan. ini hasil intipan dari Lepi saya ;


sekarang buka menu "Accounts", lalu pilih "Manage Account" sehingga akan muncul seperti ini. dalam screenshot ini sudah ada 3 account yang sudah saya daftarkan ke server saya. lalu klik "Add"



setelah kita klik tombol "Add".langkah berikutnya kita akan membuat akun baru. isilah Protokol nya dengan XMPP, isilah username terserah anda, domain dengan alamat server openfire dalam tutorial saya ada di "localhost/openfire" biarkan kosong resource. lalu isilah password terserah anda. langkah terahkir jangan lupa centang "create this new account on the server". penampakannya seperti ini;

oke, sekarang data yang diminta sudah kita lengkapi, sekarang klik tombol "Save" lalu akan muncul seperti ini, kita harus mengisi lagi username,fullname,email dan password kita.

kemudian klik oke, langkah terakhir akan muncul lagi sebuah form untuk mengisi password yang telah kita buat tadi. screenshotnya seperti ini;



sekarang account baru telah terdaftar di server openfire, kita lihat hasil registrasi yang telah masuk di server. 


bisa kita lihat di gambar di atas, sudah ada kita user yang telah terdaftar di openfire. coba buat sebuah user baru di pidgin kawan-kawan. lalu kita akan coba melakukan chat antara dua user yang telah kita buat.

kita buat sebuah room, lalu kita tambahkan user-user yang kita buat tadi, lalu cobalah berkomunikasi. disini bisa kita lihat, komunikasi 2 user yang ada di laptop saya.


Yups. berhasil, selamat mencoba kawan-kawan. sekian tutorial tahap 3 ini, semoga bermanfaat bagi kita, jangan lupa tinggalkan jejaknya berupa komentar yang membangun. 

silahkan lihat postingan sebelumnya dibawah ini;


salam dunia OPEN SOURCE..!!
Read More

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger