Selasa, 12 Maret 2013

[Java] Membuat JFrame Menggunakan Editor Eclipse

EBhy / / 0
Assalamu 'alaikum..

Apa kabar kawan-kawan blogger ? dah lama, blog ini gak ane urusin soalnya  lagi kena penyakit males ngetik blog :D. tapi Alhamdulillah kali ini ane dah semangat lagi untuk berbagi lewat blogg ini.
seperti judul artikel di atas, kali ini saya mau berbagi ilmu tentang java swing dasar, untuk membuat sebuah Frame sederhana. bagi abang-abang yang sudah jago di harapkan jagan ganggu ya :D . harapan saya sih semoga ilmu yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita newbie tentang java.
dalam tutorial kali ini, saya gak pake editor netbeans, tapi ane pake editor eclipse. dalam pengguannya sih sama, eclipse tidak jauh berbeda dari netbeans.
oke gak perlu lagi banyak omong, nannti ane kena BACOK.. !! :D

pertama buka editor eclipse kawan-kawan, setelah itu klik new --> Java Project--> isikan nama project kawan-kawan -->kemudian buat lagi class nya (terserah mau diberi nama apa) --> klik finish.

sekarang class baru telah kita buat. selanjutnya lanjut lagi kita coding untuk membuat JFrame.

ketikan source code ini di eclipse;

import javax.swing.*;
import java.awt.Color;
public class program1 extends JFrame{
public static void main(String[] args){
JFrame frame = new JFrame("Frame");
/*membuat frame dengan title "Frame" */
frame.setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
/*membuat Frame agar bisa di close */
frame.setSize(350, 450);
/*membuat ukuran frame dengan lebar 350 dan tinggi 450 */
frame.setLocationRelativeTo(null);
/*memposisikan JFrame berada di tengah */
frame.setAlwaysOnTop(true);
/*membuat JFrame selalu On Top */
frame.getContentPane().setBackground(Color.GREEN);
                /*memberi latar belakang dengan warna Hijau */
frame.setVisible(true);
                /*eksekusi terhadap JFrame */
   }
}

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger