Selasa, 02 April 2013

Membangun Server Chat Tahap 3 Openfire menggunakan Pidgin

EBhy / / 0
Assalamu'alaikum :-)


beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas cara dan konfigurasi Server chat dalam hal ini saya menggunakan openfire. sekarang saya akan membahas cara bagaimana kita menghubungkan antara server openfire dengan sebuah aplikasi linux yang bernama "Pidgin".


Pidgin adalah sebuah aplikasi linux yang digunakan sebagai media chatting dari sisi klien yang mendukung banyak protokol. Jadi dengan aplikasi Pidgin Memungkinkan seseorang untuk mebuka layanan chatting dengan mudah hanya dengan sebuah aplikasi.
jika kita belum mempunyai aplikasi ini, silahkan ikuti perintah di bawah ini untuk menginstall pidgin;

$sudo add-apt-repository ppa:unixmen-com/pidgin$sudo apt-get update $sudo apt-get install pidgin
oke, sekarang kita mulai bereksperiman lagi. buka aplikasi pidgin kawan-kawan. ini hasil intipan dari Lepi saya ;


sekarang buka menu "Accounts", lalu pilih "Manage Account" sehingga akan muncul seperti ini. dalam screenshot ini sudah ada 3 account yang sudah saya daftarkan ke server saya. lalu klik "Add"



setelah kita klik tombol "Add".langkah berikutnya kita akan membuat akun baru. isilah Protokol nya dengan XMPP, isilah username terserah anda, domain dengan alamat server openfire dalam tutorial saya ada di "localhost/openfire" biarkan kosong resource. lalu isilah password terserah anda. langkah terahkir jangan lupa centang "create this new account on the server". penampakannya seperti ini;

oke, sekarang data yang diminta sudah kita lengkapi, sekarang klik tombol "Save" lalu akan muncul seperti ini, kita harus mengisi lagi username,fullname,email dan password kita.

kemudian klik oke, langkah terakhir akan muncul lagi sebuah form untuk mengisi password yang telah kita buat tadi. screenshotnya seperti ini;



sekarang account baru telah terdaftar di server openfire, kita lihat hasil registrasi yang telah masuk di server. 


bisa kita lihat di gambar di atas, sudah ada kita user yang telah terdaftar di openfire. coba buat sebuah user baru di pidgin kawan-kawan. lalu kita akan coba melakukan chat antara dua user yang telah kita buat.

kita buat sebuah room, lalu kita tambahkan user-user yang kita buat tadi, lalu cobalah berkomunikasi. disini bisa kita lihat, komunikasi 2 user yang ada di laptop saya.


Yups. berhasil, selamat mencoba kawan-kawan. sekian tutorial tahap 3 ini, semoga bermanfaat bagi kita, jangan lupa tinggalkan jejaknya berupa komentar yang membangun. 

silahkan lihat postingan sebelumnya dibawah ini;


salam dunia OPEN SOURCE..!!

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger