Kamis, 13 Februari 2014

Pengenalan JavaScript

EBhy / / 0
JavaScript pertama kali diperkenakan oleh perusahaan NetScape pada tahun 1995. nah pada awalnya
bahasa pemrograman ini sebelum bernama JavaScript, dulunya bernama "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser NetScape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini menuai banyak kritikan karena dinilai terburu dan tidak ada pesan kesalahan setiap kali kita membuat kesalahan pada syntax atau menyusun program. kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara NetScape dan Sun (Pengembang Bahasa Pemrograman Java)pada masa itu, maka NetScape kemudian merubah nama  "Live Script" menjadi "JavaScript" pada tanggal 4 desember 1995. pada masa yang bersamaan perusahaan raksasa Microsoft mencoba mengadaptasikan tekonologi yang mereka sebut JScript di browser Internet Explorer 3.

JavaScript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang berjalan pada dokumen HTML. dengan bahasa pemrograman ini memberikan kemampuan tambahan kepada HTML untuk pengeksekusian perintah-perintah di sisi user bukan di sisi server web. 

JavaScript bergantung kepada browser web yang memanggil halaman web yang tentunya berisi script javascript yang berisi kode HTML. kemampuan lain yang dimiliki oleh bahasa ini adalah tidak perlunya sebuah kompiler untuk menerjemahkan kode javascript karena pada kenyataannya kompilator javascript sudah ada di browser itu sendiri.

JavaScript sendiri merupakan bahasa yang mudah dipahami, dalam artian diperlukan skill novice atau dasar untuk mengerti bahasa ini, jika anda sudah terbiasa dan mengenal konsep bahasa pemrograman visual, maupun Java ataupun C, akan sangat mudah untuk memahami konsep Javascript.

JavaScript adalah bahasa yang “case sensitive” artinya membedakan penamaan variabel dan fungsi yang menggunakan huruf besar dan huruf kecil, contoh variabel atau fungsi dengan nama TEST berbeda dengan variabel dengan nama test. Dan yang terakhir seperti bahasa Java ataupun C, setiap instruksi diakhiri dengan karakter titik koma (;).

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger