Senin, 16 Desember 2013

Membuat SMS Gateway dengan Gammu di Linux

EBhy / / 0
Assalamu'alaikum.. :-)

alhamdulillah, mumpung habis waktu isya bagusnya saya nulis sesuatu di blog ini. sesuai judulnya, saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan dari mbah google sama praktek langsung tentang bagaimana caranya untuk membuat sebuah SMS Gateway dengan menggunakan linux. 

gammu menurut saya pribadi adalah aplikasi opensource yang digunakan untuk menjebatani komunikasi antara database SMS Gateway dengan sms devices. dengan gammu ini kita bisa mengirim sms melalui modem kita . bukan hanya modem ya, handphone juga bisa di jadikan media untuk SMS Gateway.


berawal dari tugas ,saya akhirnya mempraktekan cara membuat SMS Gateeway menggunakan gammu,  mungkin kalo bukan karna tugas ini, saya hanya sekedar tau saja tentang fungsi gammu, tanpa mempraktekan langsung, walaupun saat ini, masih belum sampai pada fungsi auto reply ya. :(

sebelum saya mempraktekan, saya sempat ragu, apakah saya bisa membuat SMS Gateway menggunakan linux, perasaan itu saya rasakan melihat teman-teman saya kebanyakan membuatnya pake sistem operasi buatannya Bill Gates.. :D apalagi melihat teman yang lain sudah di kasih aplikasi yang sudah jadi, tinggal di edit-edit sesuai kebutuhan yang ada, tapi, karena rasa iri hati saya sama mereka, kenapa mereka bisa buat SMS Gateway di wind**s, terus saya yang pake linux, tidak bisa, padahal gammu kan opensource. :D 
truss saya googling untuk cari caranya membangun SMS Gateway di linux, alhamdulillah ada banyak web/blog yang membahas SMS Gateway ^_^. 
oke, cukup sudah ceramah saya.. sekarang kita siapkan bahannya..
bahan-bahannya, 
1. install gammu, bisa kita download di website resminya dengna format file tar.gz atau bisa via terminal.
2. siapkan database gammu, itu juga bisa kita download di websitenya. usahakan versi gammu kita sama dengan databasenya ya, karena jika beda, kemungkin kita akan mengalami eror. *pengalaman :D
3. jangan lupa berdoa, sama ambil air wudhu kalo bisa :D
4. harus sabar yah... 
oke langung saja kita install dulu gammu dengan menambah repositorinya terlebih dahulu. ketik di terminal ;

root@budi-Informatika-L:~#  add-apt-repository ppa:nijel/ppa
root@budi-Informatika-L:~# apt-get update
kemudian, baru kita install gammu beserta dependensinya

root@budi-Informatika-L:~# apt-get install gammu gammu-smsd libgammu7 libgsmsd7
sekarang masukan modem/handphone kalian ke port laptop kalian, pastikan modem/handphone kalian sudah di support sama gammu, untuk melihat merk modem/hanphone yang sudah di support, kalian bisa ke link berikut. http://wammu.eu/phones  disini saya menggunakan modem Huawei, oh ya pada website tersebut kita bisa melihat connection yang akan kita sesuaikan dengan modem kita, contohnya modem saya jenis koneksinya menggunakan "at115200" .
langkah selanjutnya adalah, kita pastikan dulu apakah modem kita sudah terdeksi apa belum ?.  masuk dulu ke super user lalu ketikan perintah ini di terminal kalian,;
root@budi-Informatika-L:~# lsusb & wvdialconf 
hasilnya di laptop saya seperti ini,
Maulana budi dai

pada gambar di atas terlihat modem saya terdeksi pada port "ttyUSB0" untuk yang memakai windows tentu berbeda saya melihatnya ya, karena di linux pembacaan portnya dengan tty. *maaf kalo salah :D
lanjut... selanjutnya kita buat database untuk penyimpanan data SMS Gateway kita. disini saya memberi nama databasenya "gateway", kemudian kita import database gammu yang sudah kita download sebelumnya. jika sukses maka akan tampil tabel-tabel gammu seperti di bawah ini ;
Maulana budi dai


nah, sekarang kita tinggal konfigurasi gammunya.. ^_^
tahap pertama untuk konfigurasi, yaitu kita akan men-setting port,connection /etc.. ketik perintah di bawah ini;
root@budi-Informatika-L:~# gammu-config 
maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini;


pada gambar di atas, pilih "yes", maksud dari pesan di atas adalah, apakah kita akan mengkonfigurasi ulang .gammurc ?. karena file .gammurc ini sudah ada, dan letaknya biasanya ada di direktori /home karena file ini bersifat hidden maka untuk melihatnya klik tombol  "ctrl + h" . kita tinggal mencari file .gammurc tersebut.

gambar kedua masih sama, maksudnya dengan gambar pertama..



setelah kita klik tombol "yes", maka sekarang akan di tampilkan menu untuk konfigurasinya. pada port: kita sesuaikan port modem kita yang sudah terdeteksi di atas menggunakan perintah "lsusb & wvdialconf".  kemudian pada connection: kita sesuikan dengan jenis koneksi yang sesuai dengan tipe modem/handphone kita yang sudah kita cek di website resminya yang sudah saya kasih link di atas.. selanjutnya bisa kalian sesuaikan dengan yang ada di gambar..


terakhir pilih tombol "save" lalu klik ok.
kemudian, buka file .gammurc , di laptop saya letaknya di direktori /home. lalu sama kan konfigurasinya dengan yang disini http://pastebin.com/UDnkGcFd terkcuali pada baris port,connection,sama logfilenya, pada logfilenya tergantung dimana letak gammu anda berada. pada beberapa web, pada bagian itu di taruh letak file smsdlog.
lanjut lagi, buka file .gammu-smsdrc, di laptop saya file itu terletak di /etc , kita konfigurasi lagi, http://pastebin.com/MCwr0zyd 
setelah semua langkah selesai, mari kita tes . oh ya jangan lupa untuk mengecek lagi apakah modem kita sudah terdeteksi oleh gammu, untuk melihatnya, ketik perintah ini ;
root@budi-Informatika-L:~# gammu --identify
jika muncul seperti ini, berarti konfigurasi kita sudah berhasil.
Maulana Budi dai

mari kita coba test mengirim pesan via terminal dengan perintah; 

 root@budi-Informatika-L:~# echo "[pesan yang akan di kirim]" | gammu --sendsms TEXT [Nomor_Tujuan]
alhamdulillah pesan yang dikirim sudah masuk ke handphone saya ^_^.penampakannya di bawah ;

semoga kalian juga berhasil :-) , sekian tulisan saya, semoga bermanfaat, 
jika ada yang ingin di tanyakan, silahkan tinggalkan jejak anda di komentar :D


EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger