Rabu, 09 Oktober 2013

Di Balik Kisah pindah ke OS Linux

EBhy / / 0
postingan kali ini tujuannya untuk orang-orang yang ingin migrasi dari OS Windows ke OS Linux, tapi gak tau mau ngapain pake linux.
kalo sebelumnya di artikel sebelumnya saya bercerita tentang awal saya tau dengan linux. kali ini artikelnya tidak jauh berbeda, ada hubungan dengan artikel sebelumnya.

nah, dulunya saya juga adalah pengguna windows, waktu itu laptop saya pernah di install windows Xp, terus pindah ke Windows 7 sampe ke Windows 8. sebagai pengguna windows yang pertama kali kenal, yah sekalipun yang saya tau hanya tentang microsoft office, /etc di windows, sempat terfikirkan di otak saya, mau apa saya install linux ?.saya anak informatika, mau buat apa di linux, mau pelajari apa di linux ? apa yg bisa saya dapat dari linux ini ?. apa hanya bisa terhindar dari virus ?. untuk mengikuti rasa ingin taunya saya, saya coba install distro ubuntu pertama kali, pas habis di install, sempat bingung, gara-gara linux ini saya jadi kayak orang yang dari jaman primitif terus tiba-tiba di hadapkan dengan laptop. :D
bukan karena saya kagum karena berhasil install linux, tapi yah liat tampilan dekstopnya yang tidak enak di pandang mata sama sekali :v . penasaran dengan tampilan awalnya ? . nih, gambarnya saya copot dari google ..


gimana, ? sebagai pengguna windows yang baru migrasi, tentu saya sangat tidak suka dengan tampilan yang kaku begini, gara-gara dekstop ini saya sempat men-justice kalo linux ini kaku, mana nih yang mereka bilang kalo linux gak kalah kerennya dengan windows ? . nyatanya tampilannya kaku kayak di atas . :/ . terus yang buat saya diam saat pake linux pertama kali, saya tidak tau gimana cara konek ke jaringan ? ikon-nya dimana ?. explorer-nya dimana ? terus my computer?. cara ganti dekstop ?. refresh mana refresh ? :D .. hahaha
berangkat dari masalah-masalah sepele seperti ini mungkin yang buat saya sampai sekarang penasaran dengan linux ..
selang beberapa minggu, saya jadi pengguna linux, dualboot dengan windows 7. saya coba bertanya ke google tentang cara mempercantik tampilan dekstop saya, akhirnya saya dapat beberapa trik untuk mewujudkan keinginan saya..
saya coba install compiz, salah satu aplikasi untuk percantik ubuntu saya . habis saya install, alhamdulillah terjadi perubahan yang drastis dari ubuntu saya, kira-kira seperti ini. mohon maaf karena file screenshot-nya sudah ke hapus jadi saya ambil dari google saja ya,
compiz 1

compiz 2
kemudian saya coba install lagi aplikasi conky untuk mendeteksi perangkat di laptop saya. gambarnya seperti ini (lagi-lagi dari google) :D

conky

setelah percantik dekstop, saya mulai mencari hal-hal lain yang bisa saya lakukan sesuai bidang saya sebagai anak informatika, 
jadi sebenarnya, tidak perlu kita khawatir entah apa yang akan kita lakukan dengan linux . karena itu sebenarnya hal yang relatif, yang harus kita tau adalah, "apa yang akan kita lakukan dengan linux ini " .

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger