Rabu, 02 Oktober 2013

Awal Kenalan Dengan Linux dan KSL UNG

EBhy / / 2
Pertama kali saya kenal linux sama KSL itu 2 tahun yang lalu, waktu itu tahun 2011, dengan kesibukan kuliah sebagai anak informatika dengan hiasan-hiasan tugas untuk buat program ini dan itu, tidak membuat saya untuk bisa bergabung dengan organisasi kampus, niatnya karena saya ingin mengubah pola fikir saya yang mungkin masih labilisasi :D maksudnya labil, maklum baru lulus dari SMA, :D makanya saat itu selain mengikuti aktifitas perkuliahan, saya juga ingin bergabung dengan organisasi di kampus, 

nah, saat itu, himpunan mahasiswa jurusan saya, buat kegiatan bakti sosial, sekalian kami para maba di minta ikut untuk ambil ikat kepala jurusan kami, sontak dalam hati saya ketika itu ingin ikut kegiatan itu, tapi ternyata keinginan saya, saya batalkan karena beberapa hal yang tidak pas dengan yang saya inginkan, dan akhirnya niat untuk bergabung dengan organisasi mahasiswa di jurusan di batalkan, dan saya tetap jadi mahasiswa biasa, yang kebiasaanya "rumah,,kuliah,,rumah,,kuliah". :D 

tidak berhenti disitu, justru dari situasi itulah saya ketemu dengan KSL UNG, waktu itu namanya masih KSL Informatika. ketemunya sebenarnya selain karena ajakan teman sekelas saya , bukan karena orang-orang hebat yang ada di dalamnya yang buat saya ikut ketika itu, justru saya coba ikut pembelajaran KSL hanya karena ada tugas kuliah , mata kuliah Sistem Operasi, seluruh maba informatika 2011 di suruh untuk presentasi tentang sistem operasi linux, di tambah lagi asisten pengajarnya ka yunus, salah satu anak KSL, katanya "bagiamana pun juga, saya tidak mau tau, pokoknya saat presentasi, harus laptopnya itu ada linux dan tidak boleh sama distro linux.." . 
dalam fikiran saya, "ini orang maksa amat,,mana saya tau apa itu linux, apalagi nginstal linux. ".
saya panggil beberapa teman sekelas saya untuk ikut pembelajar KSL, sekalian kami di ajarkan install linux, pembelajaran saat itu diadakan malam hari di labkom 3 gedung dekat pintu belakang kampus. 

berbekal, laptop thosiba, sama CD untuk burning distro linux, saya ikut pembelajaran, pematerinya k walid. 
selama pembelajaran jujur saya masih tetap tidak mengerti apa yang dibicarakan k walid ini, apalagi pas liat screenshot pembagian partisi di linux . 
sudah saya bingung dengan cara install, saya ditambah bingung lagi dengan pembagian partisi, apa itu partisi, apa itu ext4, apa itu root. :v hadeeeh. *nasib basic SMA dari kampung ya begini :D

habis pembelajarnya, saatnya saya dengan teman-teman lain install linux di laptop masing-masing, saya minta k walid untuk install distro linux, yang saya ingat k walid instal pertama coba pake distro linux slackware, karena katanya k walid sama k yunus untuk install slackware itu gak gampang, saya pindah ke distro linux ubuntu,masih ubuntu 10.04 kalo nda salah, trus pindah ke distro lain, karena teman saya ternyata mau pake distro ubuntu untuk presentasi, terpaksa saya install distro linux slax . 

gara-gara install slax inilah hal yang tidak saya inginkan terjadi, bukan karena slaxnya yang tidak bisa di install, malahan semua data-data di laptop saya hilang, :'(

ingin marah sama k walid,mana lagi itu laptop punya kaka saya, tapi apalah daya, nasib seorang newbie klas kakap harus terima resiko :D . tapi syukur alhamdulillah k walid berhasil mere-covery data-data saya yang hilang. akhirnya bisa bernafas lagi, setelah beberapa jam lemas karena data terhapus, tidak terasa waktu sudah tengah malam, kira-kira jam 12 malam, demi untuk tugas, saya rela belum pulang, apalagi masih asik-asik juga sms san sama si ekhem .. hahahaha 
maklum anak muda, jadi butuh hiburan kalo lagi penat .. wkwkwk

akhirnya, presentasi pun selesai, tapi bukan malah jauh dari KSL, justru saya makin dekat dengan KSL.. saya di ajak untuk ikut sosialisasi di SMA 4 kota Gorontalo, yah walaupun hanya pamer muka di depan siswa-siwa SMA 4, tapi tak apalah yang penting bisa ikut sama bisa eksis sedikit :D . 

 
1 tahun sampai pergantian ketum KSL, saya masih sebagai anggota biasa KSL, namun saat itu, saya lagi tidak bersemangat dengan KSL, mungkin karena lagi banyak tugas di suruh buat program di tambah lagi sistem operasi saya waktu itu pake Windows Bajakan padahal saya anak KSL yang tidak lain belajar tentang linux, pernah sih, saya install linux pake distro ubuntu, tapi tidak bertahan lama karena bosan tidak tau mau ngapain pake linux susah,beda jauh dengan windows, akhirnya saya kembali lagi ke bajakan dengan anggapan kalo linux itu memang susah dan tidak bagus apalagi dengan tampilan my comuternya yang latar abu-abu.. sampai tiba saat pergantian ketua umum KSL ke-3, alhamdulillah saya terpilih untuk jadi ketua umum KSL, sejak saat itulah saya merasa ada hal yang berubah dari yang saat itu, laptop saya, hanya ada windows doang, saya coba dualboot, dengan ubuntu 11.10, bosan dengan ubuntu 11.10 saya pindah ke ubuntu 12.04, alhamdulillah sampai sekarang masih betah dengan ubuntu 12.04 , pertamanya saya percantik tampilan ubuntu saya dengan instal beberapa aplikasi, seperti conky, compiz, cairo-dock, AIMP,
ini tamplan dekstop saya ketika itu ;

seiring berjalannya waktu, saya makin betah pake linux, betahnya karena beberapa hal;
1.betahnya karena terbebas dari yang namanya virus,
2.tidak perlu install anti virus lagi,
3.tidak perlu khawatir dengan flash bervirus milik teman kalo di colokin di laptop lagi, 
4.banyak yang saya tau gara-gara linux.
5.gara-gara pake linux, alhamdulilah beberapa teman dekat saya sudah ada yang install linux. 

bahkan saat ini bukan hanya ubuntu yang ada di laptop saya, ada ketambahan distro pentesting namanya "Kali Linux" . dikit-dikit belajar untuk belajar hack sama testing keamanan, sekalipun masih tetap amatiran sampai sekarang, tapi insya allah, saya akan jadi hebat .. Aamiin.  

itulah cerita saya saat pertama kenalan dengan linux sampai akhirnya saya tergabung di kelompok studi linux.. 

Note "Tergabung dengan Komunitas ini,baru saya merasa inilah langkah awal untuk saya menjadikan diri saya besar karena komunitas,". 
KSL memang tidak seperti organisasi lain seperti organisasi-organisasi jurusan lain. tapi dari KSL saya belajar, dari KSL saya belajar bahwa uang bukan faktor utama agar satu inovasi dapat terwujud, justru karena semangat,,ikhlas dan saling berbagi ilmu sesama anak KSL, KSL bisa mewujudkan beberapa mimpi dari sekian banyak impian kami kedapan..

GO KSL UNG. Keep Spirit,Keep  forward.. (y)
ini ceritaku, mana ceritamu.. ^_^


EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

2 komentar:

  1. ceritanya dan pengalaman yang dibagikan keren...
    masih sangat teringat dikepala saya, mukanya nt waktu pas selesai installasi data"nya nt ke format... :)
    sejak data di format dan alhamdulillah dapat solusi untuk recovery lagi..., dari situlah saya belajar... bgmana cara recovery...!!! :) dan bertanggung jwb...

    BalasHapus
  2. hahaha :-D ..
    pusing sx sy waktu ke format hardisk, mana blum tau apa apa lagi :D

    BalasHapus

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger