Senin, 24 Desember 2012

[Trik] Cara Aman mengatasi Komputer saat "Hang di Ubuntu"

EBhy / / 0
Assalamu 'alaikum.

Bagi para pengguna ubuntu, pasti pernah mengalami yang namanya "ubuntu hang" . sampai kebanyakan dari kita melakukan cara singkat untuk mengatasi hal ini, dengan cara menekan tombol power selama beberapa detik,sampai komputer/laptop mati, tindakan seperti ini dapat merusak hardisk kita atau bisa juga merusak komponen-kompunen laptop kita.
Truss,, bagaimana cara kita merestart komputer ketika hang ? :(


sebenarnya saat komputer hang, maka itu tanda bahwa X-server mengalami gangguan. apa itu X-Server ? X-Server bukanlah kernel, tetapi X-Server inilah yang melakukan tampilan grafis di deksop, x-server juga meng-handle inputan dari keyboard,mouse serta output di layar dekstop .Itulah sebabnya ketika X Server nge-hang, keyboard dan mouse tidak merespon. Nah, solusinya adalah "menyerahkan" kendali keyboard langsung ke Kernel sehingga kita dapat mengontrol sistem dengan keyboard (termasuk me-restart). Baiklah, cukup pengantarnya, langsung saja ke pembahasan.

Pertama kita akan mengecek apakah kita sudah mengaktifkan fitur yang dimiliki kernel yang namanya "Magic Syrq" . untuk mengecek silahkan buka console anda lalu ketik perintah di bawah ini;


jika hasilnya yang di komputer anda bukanlah satu maka kita harus mengubahnya dengan 1 ;
ketikan perintah ini ;

Nah, ketika komputer nge-hang, silakan restart dengan menekan tombol kombinasi Alt + SysRq sambil tetap menekan kedua tombol tersebut, tekan tombol-tombol berikut secara berurutan (beri jeda antar tombol lebih baik). 
Apa yang sebenarnya terjadi? Kombinasi Alt + SysRq memberitahu sistem bahwa kita ingin memerintah Kernel secara langsung, sedangkan untuk tombol lainnya:
  • r - menyerahkan kendali keyboard dari X Server ke Kernel, sehingga kita bisa "memerintah" Kernel secara langsung.
  • e - mengirim sinyal "terminate" ke seluruh proses agar mereka menutup diri mereka sendiri. Proses ini kadang butuh waktu, jadi beri jeda beberapa saat untuk proses ini.
  • i - mengirim sinyal "kill" ke seluruh proses sehingga mereka ditutup secara paksa.
  • s - mem-flush (bisa dikatakan menyimpan) data dari cache ke disk
  • u - melakukan mount seluruh file sistem menjadi read-only
  • b - me-restart komputer.

sekian trik kali ini, semoga bermanfaat :)
referensi : tahutek.net

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

0 komentar:

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger