Senin, 08 September 2014

Jangan Upload Foto Sembarangan : Kamu Tidak Tau siapa yang sedang melihatmu di dunia maya

EBhy / /
baru-baru ini foto artis milik Jennifer Lawrence, Lea Michelle, Kate Upton, Avril Lavigne serta artis papan atas dunia tersebar di dunia maya beberapa hari belakangan ini. menurut informasi diduga foto mereka dicuri oleh seorang hacker dari situs layanan penyimpana data milik Apple,iCloud. Sementara kasus ini masih menjadi perbincangan dan sedang diselidiki oleh pihak berwenang Amerika ada baiknya kita lebih berhati-hati dan bijak dalam berinternet. 
dunia maya memang adalah sebuah wadah yang di buat agar semua orang di seluruh dunia dapat berhubungan komunikasi satu sama lain. berbagai macam yang bisa dilakukan dan didapatkan di dunia maya, dari yang positif sama hal negatif bisa kita upload ke dunia maya khususnya media sosial seperti facebook,twitter atau yang lainnya. 
Namun, kebanyakan orang tidak tau atau mungkin tau tapi tidak peduli dengan namanya kejahatan dunia maya. sehingga seseorang dengan mudahnya meng upload segala sesuatu ke internet, bahkan untuk soal yang berbau privasi pun tak ayal di upload dengan alasan yang hampir serupa bagi semua orang yaitu "eksis di dunia maya". sekarang media sosial adalah wadah yang bisa kita gunakan untuk memperkenalkan siapa kita, apa yang sedang kita rasakan dan lain-lain. tapi kita tetap harus berhati-hati karena penjahat bisa saja selalu lebih cepat dari pemiliknya. 
melalui tulisan ini saya ingin berbagi tentang cara agar kita bisa sedikit terhindar dari kejahatan dunia maya. 

1. Jangan Foto Saat Bugil.


hal pertama adalah jangan foto bugil. mungkin ini lebih mengarah kepada perempuan ya.walaupun ini juga berlaku bagi pria. namun perempuan sering yang menjadi korban dari pencurian data. jangan berfoto bugil di depan kamera, sekalipun itu kamera handphone anda. apalagi, jika hp anda smartphone . karna dalam beberapa kesempatan saya pernah membaca artikel yang mengatakan bahwa semua data baik itu foto yang ada di hp android kita yang sudah kita hapus sebenarnya tidak terhapus. dengan kata lain, foto-foto kita masih tersimpan di data pusat android. jadi sebisa mungkin tahan nafsu anda untuk berfoto bugil depan kamera. karena sekali lagi, anda tidak tau siapa yang sedang mencari informasi bersifat privasi tanpa sepengetahuan anda. bahkan seseorang bisa saja mencuri foto anda hanya dengan bluetooth. namun jika kamu bukan orang yang suka foto "begituan". maka foto yang "begituan" pun juga gak bakal ada di internet. 

2. Jika terlanjur, hapus!!!

Jangan bodoh guys !!!

jika kamu sudah terlanjur memotret tubuh anda dalam keadaan bugil. usahakan untuk menghapusnya. sekalipun anda tidak berniat untuk mengunggahnya di internet. seseorang bisa saja mencuri data anda hanya bermodalkan intenet, salah satunya ketika anda terhubung ke internet. mungkin bagi anda ini adalah hal yang biasa-biasa saja, tapi coba di bayangkan jika foto anda dicuri oleh orang di di unggah di internet ??. jika itu terjadi, semua orang tanpa ada tau siapa saja itu, akan bisa melihat tubuh anda dan anda pun tidak tau seseorang bisa saja meng-save foto anda tersebut. 
jadi poin yang terpenting adalah  akan lebih baik jika kalian tidak difoto,memotret sendiri atau direkam sama sekali dengan keadaan seperti itu. apalagi jika kalian melakukan foto tersebut dengan pasangan Karena bisa saja kalian putus atau berpisah dan dia membalas dendamnya dengan menyebarkan foto kamu. So, kembali ke rule number one .. hapuslah foto bugil anda .!!

3. Terkadang Menghapusnya dari ponsel, belum cukup.

Menghapus data belumlah cukup

seperti yang sudah saya sampaikan di atas. smartphone dibuat sedemikian rupa untuk selalu terkoneksi ke internet. Baik iPhone maupun smartphone Android memiliki fitur unggah otomatis foto ke folder cloud internal mereka. Android dengan Google Drive/Google+ sementara iPhone mengunggahnya ke iCloud. Itulah sebabnya foto yang udah dihapus dari memori ponsel, bisa muncul kembali. Karena ponsel pintar kamu otomatis meng-sinkron data yang ada di “cloud” dengan data memori ponsel.

4. Berhati-hati jika ponsel ada berpindah tangan


Jika kamu memang senang menyimpan foto pribadi di ponsel, maka anda harus berhati-hati sebelum ponsel itu berada pada tangan orang lain. Back up semua data (tidak hanya foto)sebelum ponsel diservis atau pun di pinjamkan kepada orang lain. jika anda berniat menjualnya pastikan ponsel anda bersih, kembalikan pada setelan pabrik. sekali lagi siapapun tidak bisa mengetahui isi kepala orang lain. 

5. Bagaimana jika foto anda sudah terlanjur tersebar..!!

Malulah anda 
Jika foto-foto pibadi anda udah terlanjur dicuri dan disebar oleh bajingan internet, anda masih punya beberapa opsi. Namun tolong dipahami ketika foto itu udah berada di ranah online, akan tidak mungkin kamu bisa menghapusnya sampai benar-benar hilang. Yang bisa kamu lakukan cuma meminimalkan penyebarannya.
Jika foto pribadi kamu udah tersebar di internet, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang. Namun tetap tunjukkan tekad bahwa kamu berusaha untuk melawan kesemena-menaan ini. Langkah awal yang bisa kamu ambil adalah mengontak pemilik situs yang memuat foto/video kamu.
Terangkan bahwa foto itu adalah milik kamu, telah dicuri dan disebarkan tanpa izin kamu. Minta mereka untuk segera menghapus dan menutup tautan menuju fotomu. Pemilik blog biasanya paham soal ini dan pengguna Tumblr biasanya lebih friendly. namun mungkin hal ini bukan berarti masalah itu selesai dengan begitu mudah. karena kita tentu sudah melihat banyak para artis yang sudah menjadi korban, walaupun sudah melakukan jalur hukum namun mereka tidak bisa menyembunyikan rasa malu mereka sendiri. 
dan intinya , anda dan si pencuri itulah yang salah. anda sudah gagal paham tentang internet dan si pencuri adalah orang yang kriminal. 
kesimpulannya adalah. jangan pernah anda melakukan foto bugil ..!! "penjahat selalu lebih cepat dari pemiliknya jika anda lemah".

EBhy


tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau..
Follow me @Bloggertheme9

Post Comment

Recent Post

News

About Me

Foto saya
tidak harus jadi seorang jurnalis agar bisa menulis, cukup dengan keinginan untuk berbagi ilmu kita dapat menulis berbagai hal yang kita tau untuk dibagikan pada mereka yang tidak tau.
Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger